Minggu, 24 November 2013

Hal - hal yang dilakukan setelah install OpenSUSE 13.1

Assalamu'alaykum..
OpenSUSE adalah....
>.<
Karena saya tidak pandai membuat pembuka artikel, maka langsung saja ke isinya...
6 hari lalu openSUSE diluncurkan, pasti banyak diantara teman - teman yang sekarang sedang menginstall atau memodifikasi fresh install OpenSUSE. berikut adalah langkah - langkah post-instalasi yang saya lakukan:
[nb: sy bukan ahli, juga bukan newbie. jadi cara - cara disini bukanlah cara yang terbaik. Saya hanya ingin berbagi.:)]
1. Mengatur tampilan desktop...
satu hal yang yang saya sukai dari KDE adalah kemudahannya untuk dimodifikasi sesuai dengan keinginan kita. Banyak Applet2 KDE yang berguna dan bisa mempercantik tampilan dan berguna untuk memonitor komputer kita. Tinggal klik di pojok kanan bawah, lalu klik add widget, kemudian drag and drop applet sesuai dengan kebutuhan kita. Mudah, tidak harus install program macam2 dan nulis script configurasinya :)
ini adalah screenshot lepi saya.

2. Install multimedia codec
Untuk install codec saya memakai 1 click install, bisa diklik disini, atau lihat petunjuk lebih lanjutnya disini. OpenSUSE menyediakan fasilitas OneClick install yang akan menginstalkan aplikasi lengkap beserta repository-nya. :)

3. Install VLC
Setelah menginstall codec, saya langsung menginstall VLC, akan tetapi tampaknya ada kesalahan dan justru VLC tidak bisa memainkan video. Penyebabnya adalah repository pacman (yang menyediakan codec) belum ada yang untuk 13.1 dan menyebabkan vlc memakai versi OSS yang tidak ada codecnya. setelah melakukan riset (baca: googling) sana - sini, akhirnya saya menemukan solusi.  saya menginstal langsung VLC dari repository upstream. langkah yang saya lakukan :
buka terminal, lalu ketik dan enter :
sudo zypper ar http://download.videolan.org/pub/vlc/SuSE/13.1 VLC
sudo zypper in -f --from VLC vlc vlc-noX vlc-codecs vlc-qt vlc-noX-lang vlc-gnome libvlc5 libvlccore7
Untuk yang sekarang tampaknya repository pacman sudah normal dan bisa langsung untuk install vlc.

4. Memperbaiki tampilan GTK3
Tampilan GTK3 dalam OpenSUSE masih agak jelek, karena temanya berbeda dengan tema Oxygen yang dipakai oleh KDE. untuk mengatasinya ketik dalam terminal (konsole) :
sudo zypper install gtk3-theme-oxygen gtk3-engine-oxygen
kemudian masuk ke Configure Desktop -> Application Appearance -> GTK kemudan untuk GTK 3 theme -nya pilih oxygen-gtk.

5. Menginstal wine
Ketik: 
sudo zypper install wine

6. Install flash dan chromium
Karena saya tidak menyukai flash yang dari Adobe, maka saya gunakan gnash untuk firefox dan pepper flash untuk chromium. Langkahnya di terminal :
sudo zypper install gnash-browser-plugin gnash chromium chromium-pepper-flash chromium-ffmpeg

7. Install pdf reader 
Ternyata pada fresh install OpenSUSE belum ada aplikasi untuk membaca pdf. maka dari itu install okular. perintahnya : 
sudo zypper install okular

8. Install Juk
Saya kurang suka dengan amarok, karena agak susah dalam mengatur playlistnya. karena itu saya install juk (mp3 player ringan untuk KDE)
sudo zypper install juk

Sebenarnya masih banyak lagi ubahan yang saya lakukan, tapi sifatnya personal dan spesifik yang mungkin tidak terlalu bermanfaat kalau saya bagi disini. Untuk tips/trik dan troubleshooting OpenSUSE lebih lanjut silahkan tanya mbah google, atau komen disini. insyaallah sy jawab sebisanya :)
jika ada kritik, saran dan pertanyaan, jangan sungkan untuk komen ya...
:)
sekian dari saya, #SemogaBermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar