Minggu, 17 Maret 2013

Cara install Firefox Persona di Libre Office 4


Libre Office 4 persona Tutorial

Assalamu'alaykum...

Selamat malam, ketemu lagi dengan saya, bang iphul yang lagi galau (ga dink...).
Ada pepatah entah dari mana atau itu mungkin true story bahwa “hal terberat bagi seorang deadliner adalah bekerja jauh – jauh hari sebelum deadline”. Dan itu benar...
:p

dalam kasus saya, saya sedang mengerjakan tugas RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), tapi setelah mulai berniat dari jam stengah sembilan tadi, malah cuma fb-an, baca blog, sama baca berita bola (ga mutu).

Semakin larut mungkin semakin lelah, akhirnya tersadar untuk mulai mengerjakan. Baru buka file yang setengah jadi, entah karena emang ga niat atau godaan setan terlalu kuat malah kepikiran untuk buat postingan tentang Libre Office persona. 

Bagi para pengguna Firefox, mungkin sudah cukup familiar dengan yang namanya persona.

Personas for Firefox is a feature in the browser Mozilla Firefox that allows a user to select simple-to-use themes, known as "Personas", more easily than normal themes.[2] Although at first only available as an extension, the feature was built-in to Mozilla Firefox 3.6. Persona themes differ from normal themes in that Personas are more basic, easier to create, and easier to install, but are limited to changing the header and the status bar of the browser. They cannot alter the shape or appearance of toolbar items or tabs in the way that normal themes can. In regards to installation, Personas can be installed and activated with one click, while normal theme installations are more complicated and require a browser restart.”

kalau diterjemahkan adalah tema simple yang ditawarkan oleh firefox.

Nah, hubungannya dengan LibreOffice adalah mulai versi 4, LibreOffice menambahkan fitur untuk memakai firefox persona. Efeknya adalah dengan firefox persona ini kita tak akan mudah bosan untuk mengerjakan tugas – tugas maupun berkarya karena tampilan Office suite yang jadi menarik. Pada bagian Atas, akan ada gambar atau artwork yang akan menghibur kita. Mungkin persona juga bisa memberi inspirasi saat tulisan kita madek di tengah jalan (lol).

Ini screenshotnya :




Ok, menginjak ke bagian selanjutnya, pertanyaan yang selalu muncul adalah “cara”. Ya, cara untuk menginstall persona di Libre...
ok, kita bahas langkah demi langkahnya.

1. Pastikan dulu LibreOfficenya sudah terinstall dan sudah Versi 4. kalau belum, bisa di download di sini : http://www.libreoffice.org/download

2. Klik Perkakas (atau “tools” bagi yang nyamannya pake bahasa inggris) lalu klik opsi (kalo ga salah di “Option” yang versi inggris).

3. Klik tulisan Libre Office lalu cari Personallisasi. Kemudian klik pilih persona.


4. Tampilannya akan seperti ini :

Kemudian kita buka firefox lalu cari persona yang kita inginkan.



5. Kemudian pada tombol “wear this persona” kita klik kanan lalu sanlin alamat tautannya.
[Update : 24 nov 13]
untuk versi Libreoffice yang terbaru, yang disalin alamat tautannya adalah address bar...


6. Kemudian kita pastekan kesini :

lalu klik OK...

7. dan hasilnya adalah :
Walla.....
:D
Toolbar yang penuh warna - warni yang pastinya sulit untuk membuat bosan...
XD



Selamat mencoba... semoga bermanfaat . . .
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar