Selasa, 12 Maret 2013

Install Modem Smartfren AC692 di Linux Ubuntu dan turunannya


Assalamu'alaykum...

Just sharing, cara menginstal modem smartfren AC692 di kubuntu (bisa juga Ubuntu dan turunannya)

1. Copy isi file dari Modem smartfren ke hardisk. (dalam kasus saya, modem tidak terdeteksi di linux, jadi saya ngopi file instalasi dari windows) atau jika tidak bisa download disini atau disini

2. kemudian buka Konsole (terminal) lalu masuk ke direktori tempat dimana kita mengkopi file – file dari modem tadi. (dalam kasus ini saya letakkan di home/saif/smartfren)

saif@saif-K84C:~$ cd smartfren/

3. ubah file autorun.sh menjadi executable dengan mengetikkan command : “sudo chmod +x autorun.sh”

saif@saif-K84C:~/smartfren$ ls
Autorun.ico install_linux Smartfren AC692 UI.dmg
Autorun.inf Linux Smartfren AC692 User Manual - BAHASA.pdf
autorun.sh Setup.exe Smartfren AC692 User Manual - ENGLISH.pdf
saif@saif-K84C:~/smartfren$ sudo su
[sudo] password for saif:
root@saif-K84C:/home/saif/smartfren# sudo chmod +x autorun.sh

4. ketikkan command untuk menginstall

root@saif-K84C:/home/saif/smartfren# ./autorun.sh

5. setelah selesai menginstall, pasang kembali modem smartfren, lalu buka program UI modemnya



6. dan modem sudah bisa digunakan...



//semoga bermanfaat ^_^

16 komentar:

  1. Wah, ini berita yang sangat bagus! Berarti ada 2 kemungkinan: Smartfren atau produsen modem aslinya yang support Linux. Sangat menggembirakan.

    Bolehkah saya meminta kepada akang untuk mengunggah berkas dari modem akang? Saya ingin mengunduhnya juga. Dan saya ingin memasukkan ke blog modemlinux.wordpress.com

    Tahu akang betapa besar manfaat posting akang ini?

    1) User Linux bisa mengecek pulsa modem mereka di Linux, tidak usah Windows
    2) User Linux bisa konekkan modemnya tanpa wvdialing yang makan waktu
    3) User Linux bisa mendapatkan full feature dari Smartfren, misalnya telepon, untuk modem yang telah mereka beli

    Saya berterima kasih banyak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kk....
      ^_^
      ok, insyaallah sy upload...
      ini
      https://mega.co.nz/#!3oAVjR6L!F4egTlR8YGmu_slRrGMM0HrceH8hyYWv0b1aas8t9RM

      Hapus
  2. Iya kang, kebetulan saya pake modem AC692. ini work di ubuntu 12.10 menggunakan aplikasi bawaan dari modemnya krn emang udah disediain di drivernya. cuma kekurangannya ga bs install aplikasi via ubuntu software center cuma bs via terminal.
    Saya coba ubuntu versi 13.04 malah ga work kang. saya coba pake yg 12.04 LTS udah keinstall malah aplikasinya ga jalan.
    Kesimpulannya modem lebih mudah dipake di ubuntu 12.10. klo ada trik lain yg bs work di ubuntu versi lainnya mungkin bs di bagi2. THX

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aplikasi yang kayak di tutorial ini, emang agak kurang stabil, biasanya 2 kali panggil langsung jalan...
      ini sy amati sepertinya hanya merupaka front-end dari wvdial...
      coba install wvdial juga di ubuntunya....

      Hapus
  3. Punya ku kok gak bisa bangg ubuntu 11.10 kaga bisa..??mohon solusinya bang... ^_^

    BalasHapus
  4. wah, 5f, kurang tau je...
    itu kernelnya versi berapa ya?
    sy coba di 12.04 dan fedora 18 yang pake kernel diatas 3.2....
    mending pake ubuntu versi 13.10 ato Opensuse 13.1 aja, udah langsung detek tanpa install apa - apa lagi...
    :)

    BalasHapus
  5. ane kan install pake wine, tapi gabisa, tolong cahayanya gan, tnx.
    jjur aja ane yg ini ling lung

    BalasHapus
  6. sebaiknya jangan pake wine installnya, soalnya sistem port-nya beda, mending pake cara yang sy tulis di post ini aja, ato kalo mau konek dengan praktis, pake linux versi terbaru aja (contoh : Ubuntu 13.04 keatas), udah otomatis detek kok...

    BalasHapus
  7. Ane pake Ubuntu 14.04 tapi gk ke detect USB modemnya :(

    BalasHapus
  8. setahu saya, 13.04 keatas sudah langsung detek otomatis tanpa install apa2...
    cuma memang agak lama deteknya, sekitar 3 menitan (pengalaman saya dulu)...

    BalasHapus
  9. setelah perinta ./autorun.sh kenapa denied?

    BalasHapus
  10. sudahkah langkah no. 4 yg
    >sudo chmod +x autorun.sh
    dilakukan?

    BalasHapus